Pages

Kamis, 20 November 2014

METODE BUDIDAYA TERIPANG



Metode yang digunakan untuk membudidayakan teripang atau ketimun laut yaitu dengan menggunakan penculture atau lebih dikenal dengan budidaya dengan hampang atau kurung tancap. Penculture atau hampang adalah suatu usaha memelihara organisme perairan yang bersifat bentik atau hidup di dasar perairan dengan cara memagari atau membatasi areal perairan pantai dengan luasan tertentu (seluas kemampuan atau yang diinginkan) sehingga seolah-olah terisolasi dari wilayah sekitarnya.

Kurung tancap yang akan dijadikan sebagai media budidaya teripang memiliki bahan kontruksi balok berukuran 5 x 7 x 200 cm, waring nilon ukuran mata 0,2 cm, tali ris dari nilon, tali pengikat atau paku anti karat, dan papan tahan air. Kurung tancap ini harus dipasang di dalam air yang memiliki hamparan pasir.

Cara pemasangan yang harus dilakukan adalah tiang dipancang pada pasir dasar perairan dengan kedalaman sekitar 50 cm. Bagian tiang yang berada di atas permukaan sebagai tempat melekatkan waring. Waring yang sudah dilengkapi dengan tali ris disambung dengan papan. Papan yang telah di­sambung dengan wa­ring diba­lut lalu ditanam ke dalam lumpur sedalam 30 cm. Bila tidak ada papan, bagian ujung waring ditanam ke dalam lumpur sedalam 30 cm, kemudian bagian ujungnya dibelokkan ke dalam sepanjang 15 cm. Ukuran kurung tancap disesuaikan dengan kebutuhan.
Setelah media untuk budidaya teripang disiapkan, langkah selanjutnya adalah pemilihan benih. Pilih benih yang seragam, baik jenis dan ukurannya. Benih yang baik memiliki ciri-ciri tubuhnya berisi dan tidak cacat. Hindari benih yang diangkut dalam waktu lama (lebih dari 1 jam) dan dalam keadaan tertumpuk (padat). Hindari benih yang telah mengeluarkan cairan warna ku­ning. Pengangkutan benih se­ba­iknya dilakukan pada pagi hari atau malam hari, bisa juga saat suhu rendah. Pengangkutan benih dapat menggunakan wadah yang diberi substrat pasir khususnya pada sistem pengangkatan terbuka.

Konstruksi Penculture
Pen-culture berbentuk empat persegi panjang berukuran (PxLxT) 10x2x0,5meter yang di desain dari kayu. Untuk membuat 1 unit pen-culture membutuhkan bahan-bahan sebagai berikut:
- Kayu balok ukuran 8cm x 12cm x 4m = 3 batang
- Kayu reng ukuran 3cm x 4cm x 4m = 30 batang
- Papan uk. 3cm x 20cm x 4m = 6 lembar
- Kayu balok 4cm x 6cm x 4m = 4 batang
- Waring hitam (mess size 5mm) = 1 roll
- Tali 4mm = 0,5 roll
- Paving blok = 500 unit
- Genteng = 250 unit
- Semen = 2 sak

- Paku 7cm dan 10cm = 2 kg dan 0.5 kg

0 komentar:

Posting Komentar