Pages

Jumat, 12 Desember 2014

ANGEL FISH

ANGEL FISH
Silma Anis Robaya NIM:H1K013034
Fakultas Sains dan Teknik Universitas Jendral Soedirman
Jl. Dr. Suparno 63 Purwokerto 53122 Indonesia

ABSTRAK
Angelfish adalah salah satu ikan yang paling indah, yang secara luas diklasifikasikan menjadi dua jenis yaitu air tawar dan laut . Jenis laut milik keluarga Pomacanthidae dan kebanyakan ditemukan di bagian barat Samudera Pasifik . Tipe ini juga ditemukan di daerah tropis Atlantik dan Samudera Hindia . Ada sekitar 86 spesies yang jatuh di bawah keluarga Pomacanthidae . Ini memiliki mulut yang kecil , sirip dada besar , ekstensi streamer seperti dorsal lembut dan sirip dubur , dan sirip ekor . Mereka sangat berwarna-warni, berani dan bentuk yang sangat territorial. Semua ikan angel termasuk Protogynous hermaphrodites, artinya awal masa hidupnya secara seksual berstatus ikan betina, kemudian berubah menjadi jantan setelah mencapai ukuran tertentu. Mereka kebanyakan hidup menyendiri, lebih senang pada perairan dangkal antara 6 – 50 kaki(2 – 20 meter), walaupun ada beberapa spesies yang hidup di perairan dalam sekitar 150 kaki (50 Meter), oleh karena itu ikan ini ada yg memiliki sifat teritorial.
Kata kunci: Angelfish, Pomacanthidae, Protogynous Hermaphrodites

PENDAHULUAN
Angelfish adalah ikan dari ordo Perciformes dari famili Pomacanthidae. Mereka ditemukan di terumbu karang dangkal di daerah tropis kebanyakan di samudera Pasifik barat, juga di samudera Atlantik dan Hindia. Famili ini terdiri dari tujuh genera dan sekitar 86 spesies.
Dengan warnanya yang terang dan tajam, tubuh memipih, ikan angelfish merupakan salah satu penghuni terumbu karang yang mencolok. Mereka sangat mirip ikan kepe-kepe, famili kepe-kepe yang berkaitan juga tampil mencolok. Ikan angelfish berbeda dari kepe-kepe karena ikan angelfish memiliki duri preoperkulum (bagian dari tutup insang). Ciri ini juga menjelaskan asal nama famili Pomacanthidae yang berasal dari bahasa Yunani poma yang berarti "tutup" dan akantha yang berarti "duri".
Banyak spesies ikan angelfish memiliki perpanjangan mirip bendera dari sirip punggung dan sirip anus yang lembut. Ikan ini memiliki mulut kecil dan sirip dada yang relatif besar dan sirip ekor yang membulat atau mirip bulan sabit. Spesies terbesar, angelfish kelabuPomacanthus arcuatus, dapat mencapai panjang 60 cm; sementara itu, anggota genus Centropyge tidak melebihi panjang 15 cm. Ikan angelfish lainnya rata-rata panjangnya 20 sampai 30 cm . Spesies kecil populer untuk akuarium, sedangkan spesies terbesar kadang-kadang dicari sebagai ikan konsumsi.
            Oleh karna itu, agar kita bisa lebih mengetahui tentang angelfish maka dibuatlah laporan ini dengan tujuan mahasiswa dapat mengenal jenis-jenis keberagaman ikan yang tersebar di laut.

CIRI-CIRI
Angelfish yang berasal dari ordo Perciformes family Pomacanthidae ini memiliki tanda tanda morfologis dan rutinitas, yaitu memiliki warna dan jenis yang bervariasi, mulut yang kecil, sirip dada besar, ekstensi streamer seperti dorsal lembut dan sirip dubur dan sirip ekor, bentuknya pipih dengan tubuh seperti anak panah, sirip perut dan sirip punggungnya menbentang lebar ke arah ekor, sehingga tampak seperti busur yang berwarna gelap transparan, pada bagian dadanya terdapat dua buah sirip yang panjangnya menjuntai sampai ke bagian ekor, menjaga dan melindungi keturunannya, bersifat omnivorus, tergolang mudah menerima berbagai jenis makanan dalam berbagai bentuk dan bersifat territorial. Mereka kebanyakan hidup menyendiri, lebih senang pada perairan dangkal antara 6 – 50 kaki (2 – 20 meter), walaupun ada beberapa spesies yang hidup di perairan dalam sekitar 150 kaki (50 Meter), oleh karena itu ikan ini ada yg memiliki sifat teritorial.
Angelfish dapat dijadikan induk setelah umurnya mencapai 7 bulan dengan ukuran panjang ± 7,5 cm. Induk jantan dicirikan dengan ukuran tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan induk betina.  Kepala induk jantan terlihat agak besar dengan bagian antara mulut ke sirip punggung berbentuk cembung, serta bentuk badan lebih ramping dibandingkan dengan ikan betina. Sementara induk betina dicirikan oleh ukuran tubuh yang lebih kecil dan bentuk kepalanya yang lebih kecil dengan bagian perut yang lebih besar atau gemuk serta terlihat agak menonjol.



DISTRIBUSI
Manfish atauyang dikenal juga dengan arti angelfish dating dari perairan Amazon, Amerika Selatan yaitu Oronico, Solimoes, Rupunini dan Essequibo. Species ini adalah salah satu ikan pertama yang diangkut dari Amerika Selatan ke seluruh dunia , mereka dibawa ke Eropa sekitar tahun 1820 dan mereka dibesarkan di penangkaran untuk pertama kalinya pada tahun 1930 di Amerika Serikat.

MANFAAT
`           Manfaat dari angelfish sendiri bagi manusia adalah sebagai tambahan ilmu pengetahuan, menambah keanekaragaman hayati bagi alam, sebagai sarana hiburan bagi penikmat ikan hias, menambah nilai ekonomis, selain itu pada angel fish yang berukuran besar ternyata beberapa dapat dimanfaatkan sebagai ikan konsumsi. Angelfish ini lebih banyak dimanfaatkan sebagai ikan hias, karna bentuknya yang beragam dan warnanya yang bervariasi. Oleh karna itu, banyak penikmat ikan hias lebih memilih angelfish untuk dijadikan sebagai ikan hias yang biasa diletakkan di ruang keluarga untuk memperindah suasana rungan. Angelfish ini juga dikatakan bisa membuat penikmatnya lebih fresh dan terhindar dari stress.
KERUGIAN
            Selain memiliki manfaat angelfish ini juga ternyata bisa menimbulkan kerugian pada manusia khususnya pada pembudidaya angelfish, karna pada pembudidayaan angelfish dibutuhkan ketelatenan dan pengawasan ekstra terhadap akuarium, suhu, pH, makanan, pembiakannya. Jika tidak angelfish ini mudah sekali mati dan akan menimbulkan kerugian pada si pembudidaya.
KESIMPULAN
Manfish atau yang dikenal juga dengan arti angelfish datang dari perairan Amazon, Amerika Selatan. Manfish ( pterophyllum scalare ) tergolong ke didalam famili Cichlidae. Famili ini terdiri dari tujuh genera dan sekitar 86 spesies. Memiliki tanda-tanda morfologis yang umum, yaitu memiliki warna dan jenis yang bervariasi, mulut yang kecil, sirip dada besar , ekstensi streamer seperti dorsal lembut dan sirip dubur dan sirip ekor, bentuknya pipih dengan tubuh seperti anak panah, sirip perut dan sirip punggungnya menbentang lebar ke arah ekor. Angelfish ini kebanyakan hidup menyendiri, lebih senang pada perairan dangkal antara 6 – 50 kaki(2 – 20 meter), walaupun ada beberapa spesies yang hidup di perairan dalam sekitar 150 kaki (50 Meter), oleh karena itu ikan ini ada yg memiliki sifat teritorial.

DAFTAR PUSTAKA
Pyle, R.,et al. 2010. Holacanthus ciliaris. In: IUCN 2012. IUCN Red List of Threatened Species.
Blake, R. W. The Mechanics of Labriform Locomotion I. Labriform Locomotion in the
                Angelfish: An Analysis of the Power Stroke.
Diakses pada tanggal 26 November 2013 pukul 20:00 WIB

            Diakses pada tanggal 26 November 2013 pukul 20:10 WIB


            Diakses pada tanggal 26 November 2013 pukul 20:30 WIB

0 komentar:

Posting Komentar