Pages

Kamis, 20 November 2014

Pentingnya Menjaga Ekosistem Laut



Air. Laut. Pantai. Ikan dan terumbu karang. Yaa.. tidak asing bagi kita mendengar kata kata itu, Itu semua adalah komponen komponen di surga lautan Indonesia. Semua orang tahu. ibu, bapak, kakek, nenek paman, bibi, dan bahkan anak kecil pun tahu, kalau negeri kita ini memiliki sumber daya alam yang luar biasa indahnya.
Dari Sabang sampai Merauke. Dari Satal sampai Pulau Rote. Terdapat lautan yang begitu banyak, begitu besar dan begitu indah yang terdiri dari komponen-komponen sumber daya hayati dan non hayati dengan keragaman dan nilai ekonomi yang tinggi. Walaupun kekayaannya terus-menerus di manfaatkan untuk kepentingan manusia, namun sepertinya kekayaan tersebut tidak ada habisnya. Oleh karena itu, sumber daya laut dikategorikan menjadi sumber daya alam yang dapat diperbaharui.
Indonesia merupakan Negara maritim dimana tiga per empatmya adalah lautan dan perairan. Berbagai komponen terkait dalam sistem kelautanindonesia perlu dikelola dengan optimal dengan mempertimbangkan prinsip-prinsip kelestarian lingkungan, ekonomi, kondisi politik, social budaya serta pertahannan dan keamanan bangsa.
Tetapi, kebanyakan potensi yang sangat menjanjikan yaitu hasil laut yang dimiliki bangsa Indonesia sangat melimpah tapi seiring dengan banyaknya kekayaan yang dimiliki, kejahatan yang dilakukan guna memperoleh hasil laut terus merajalela. Seperti pengeboman guna untuk memperoleh ikan yang banyak tanpa harus menunggu berjam-jam. Kebanyakan cara ini dilakukan oleh nelayan-nelayan tradisional yang kerap kali mebuat bom dengan menggunakan botol yang diisi urea dan lain-lainnya. Hal ini dapat merusak terumbu karang yang notabenya merupakan ekosistem bawah laut yang wajib dilindungi. Selain itu, menangkap ikan dengan menggunakan bom juga dapat berdampak pada nelayan tersebut misalnya mampu melukai jika teledor.


Banyak nelayan yang sudah mengalami hal tersebut bahkan ada yang sampai luka parah. Hal ini perlu ditanggapi dengan serius karena biasanya nelayan hanya memikirkan untung saja tanpa memikirkan keselamatannya. Sudah saatnya pihak yang berwenang menindak tegas nelayan yang mencari ikan menggunakan bom. Selain itu, pemerintah juga harus memberikan tindakan preventif misalnya mengajak nelayan untuk menangkap ikan dengan metode ramah lingkungan seperti menggunakan jaring atau pancing. Selain itu, rehabilitasi terhadap terumbu karang juga perlu ditingkatkan. Apabila ekosistemnya sudah rusak, hasil lautpun juga akan menurun. Sebaiknya nelayan juga tidak menangkap ikan di daerah yang dilarang, misalnya saja daerah yang menjadi kawasan untuk perlindungan atau pengembangan terumbu karang.

Disisi lain pendidikan ataupun ilmu pengetahuan terhadap nelayan juga harus ditingkatkan dengan menggelar semacam seminar ataupun sosialisasi tentang pentingnya menjaga ekosistem laut dengan menangkap ikan menggunakan cara tradisional dan ramah lingkungan. Hal tersebut setidaknya mampu untuk mencegah ataupun mengurangi kejahatan laut yang berdampak pada ekosistem bawah laut yang sangat penting keberadaannya.

0 komentar:

Posting Komentar